5 Maret 2010

antara sholat dan dosa

Disuatu Firman Alloh di salah satu ayatnya menyebutkan bahwa sholat itu adalah tiang agama, hal itu penulis sangat setuju sekali. Apa maksudnya tiang agama?
Setiap manusia tidak lepas dari perbuatan dosa, setiap hari pasti membuat dosa baik disengaja maupun tidak disengaja, Dosa yang disengaja adalah dosa yang dengan terang-terangan yang dilakukan dalam keadaan sadar, misal berbuat zina (hubungan sex diluar nikah). Dosa tidak disengaja misal sewaktu Anda jalan menggunakan kendaraan bermotor tiba-tiba pengendara di depan Anda menggunakan celana jins ketat, sampai-sampai kelihatan celana dalamnya dan Anda tidak sengaja melihat,
Semua perbuatan Dosa yang dilakukan baik dosa yang disengaja maupun tidak sebenarnya dapat dihindari dengan sholat yang khusuk, pandangan tepat di tempat sujud, konsentrasi, Anda membayangkan bahwa Alloh di depan Anda sedang menyaksikan Anda menyembah-Nya.
Sholat khusuk membaca ayat demi ayat dengan memahami arti dari kandungan arti ayat, dan dihayati, konsentrasi tidak memikirkan lainnya.
Untuk mencapai sebuah kekhusukan pada waktu sholat memang tidak mudah, tapi tidak ada yang tidak mungkin jika Anda berusaha, salah satu tips menuju kekhusukan sholat adalah ketika Anda akan sholat ternyata ngantuk, ya tidur dulu sejenak baru sholat tapi jangan sampai kebablasan tidurnya karena waktu sholat habis, jika Anda akan sholat ternyata lapar, makan dulu baru lakukan sholat, jika Anda kebelet atau ingin buang air kecil (kebelet kencing) maka buang air kecil dahulu baru Anda lakukan sholat, Lebih baik lagi jika Sholat Anda berjamaah, maka pahala akan lebih besar, dan peluang diterima sholat semakin banyak.
Dan jika Anda dapat menjaga kekhusukan waktu sholat penulis jamin Anda akan merasakan sebuah manisnya keimanan, Anda akan sulit melakukan perbuatan dosa, dan dihindarkan dari perbuatan dosa, berbuat dosa akan jauh dari kegiatan Anda.
Tetapi ketika Anda sholatnya telat waktunya, tidak khusuk tergesa-gesa, tidak mengerti ayat yang dibaca, tidak konsentrasi, maka yang akan terjadi adalah Anda akan akrab dengan perbuatan dosa, biasanya Anda akan lebih mudah dalam melakukan perbuatan dosa, melanggar dosa merupakan rutinitas Anda sehari-hari, Anda akan cenderung meremehkan dosa, jika hal ini dilanjutkan maka akan membawa dampak yang negatif kepada diri Anda baik dunia maupun akhirat.
Jika Anda sering berbuat dosa dengan mudahnya maka yang perlu dipertanyakan adalah bagaimana sholat Anda, Anda lakukan saya yakin sholat Anda masih belum khusuk.
Kesimpulan sholatlah dengan sholat yang khusuk, berjamaah, maka Anda akan terhindar dari Dosa dan masuk surga.

Tidak ada komentar: